Perkembangan Bayi 4 Bulan

Si kecil sudah berumur empat bulan, ini berarti ia sudah memasuki sepertiga dari tahun pertamanya. Bayi Anda pun sudah mulai banyak perubahan. Pada usia ini, bayi sudah bisa tersenyum, tertawa dan berceloteh. Berat badan bayi empat bulan sudah dua kali lipat sejak kelahirannya.

Mari kita amati, apa yang si kecil sudah dan akan mulai lakukan saat ia berusia empat bulan.

Kemampuan Motorik

Si kecil sudah bisa mengangkat kepalanya lebih lama, duduk dengan dibantu, memegang kepala dan dada ketika tengkurap. Anda akan melihat bayi Anda sudah bisa menendang dan mendorong dengan kakinya.

Pada usia empat bulan, bayi sudah bisa menggerakkan tangannya dengan terampil. Tangannya sudah bisa memindahkan mainan dengan kedua tangannya. Si kecil tertarik dengan benda-benda di sekitarnya dan bisa menjangkau bahkan mengambil benda tersebut.

Bayi umur empat bulan mulai mengeksplorasi benda-benda yang mereka ambil dengan memasukkannya ke dalam mulut. Hindari meletakkan benda-benda kecil di dekat bayi untuk menghindari bayi tersedak akibat benda-benda yang dimasukkan ke mulutnya.

Pola Tidur

Pada bulan keempat, bayi seharusnya sudah bisa tidur selama 14 sampai 16 jam sehari. Pada malam hari, bayi tidur 7-8 jam berturut-turut. Sedangkan pada siang hari, bayi bisa tidur siang 2 kali.

Indera Bayi Berusia Empat Bulan

Ketika bayi berusia 3 bulan, ia hanya menyukai bendbenda berwarna cerah, hitam dan putih. Pada usia empat bulan, indera pengelihatan bayi sudah berkembang. Ia sudah bisa memilih warna kontras yang lebih halus, seperti kancing warna merah di kemeja merah. Bayi Anda juga sudah dapat melihat sluruh ruangan meskipun ia lebih suka melihat orang-orang di sekitarnya dengan lebih dekat.

Mata bayi seharusnya bisa bergerak bersama-sama dengan lancar, mengikuti benda dan orang di sekitar ruangan. Jika si kecil mengalami masalah pengelihatan, sebaiknya Anda memeriksakannya ke dokter anak.

Pola Makan Bayi 4 Bulan

Pemberian makanan padat kepada bayi masih menjadi perdebatan. Sebagian dokter anak, menyarankan agar bayi dperkenalkan makanan padat pada usia enam bulan. Namun, pendapat medis modern lebih ke arah memberikan bayi ASI secara eksklusif atau susu formula sampai usia 6 bulan.

Ketidakmatangan saluran pencernaan bayi menjadi alasannya. Memperkenalkan bayi dengan makan makanan padat terlalu dini bisa menimbulkan risiko terkena alergi makanan. Pada usia di bawah enam bulan, kebanyakan bayi belum memiliki mekanisme untuk menentukan dengan tepat ketika mereka merasa kenyang. Menurut beberapa pendapat medis, ini dapat menyebabkan bayi mengalami obesitas di kemudian hari.

Komunikasi

Perubahan penting yang terjadi saat bayi berusia empat bulan salah satu di antaranya adalah kemampuan bahasa. Ia sudah terampil mengucapkan bunyi vokal seperti "ma-ma atau pa-pa". Mungkin Anda mengira bahwa si kecil sudah bisa memanggil Anda dengan nama, padahal tidak.

Anda bisa bermain dengan bayi dengan mengucapkan kata-kata sederhana seperti "ba atau bu". Ia akan memperhatikan Anda dan meniru apa yang Anda katakan. Anda dapat meniru ekspresi wajah dan suara si kecil. Dan bayi pun juga bereaksi dengan mencoba menyatakan sesuatu. Cara ini dapat mengajarkan bayi Anda dasar-dasar komunikasi.

Kapan Pergi Ke Dokter Anak?

Sebelum berkonsultasi ke dokter, Anda sebaiknya membuat daftar masalah yang terjadi pada bayi Anda dan pertanyaan Anda ingin tanyakan. Daftar tersebut berguna untuk memastikan Anda mendapatkan semua informasi dan bantuan yang Anda butuhkan. Anda dapat membuat daftar checklist yang terdiri dari beberapa item sebagai berikut :

- Tinggi dan berat badan
- Vaksinasi
- Pendengaran dan penglihatan
- Makanan
- Pola tidur