Batuk Pilek Pada Bayi - Apa Yang Harus Dilakukan?

Sebagai orang tua, pasti Anda sangat bahagia dengan kehadiran bayi mungil di tengah-tengah keluarga. Namun, ketika si mungil menderita sakit termasuk pilek, membuat Anda khawatir. Anda mungkin tidak cukup yakin apa yang harus dilakukan dan merasa benar-benar tak berdaya karena mendapati bayi Anda demam.

Pilek merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada bayi. Meskipun biasanya tidak serius, pilek masih menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi. Oleh karena sistem kekebalan tubuh bayi belum sepenuhnya berkembang, pilek dan batuk biasa dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi dada.

Gejala yang paling umum dari pilek adalah hidung meler, suhu di atas 38°C dan batuk. Bayi Anda mungkin juga mengalami hidung tersumbat, nyeri otot dan sakit kepala. Bayi Anda tidak bisa mengatakan ini, tetapi ia mungkin menjadi gelisah dan mudah marah.

Jika bayi terkena pilek, Anda tidak perlu panik dan khawatir. Seperti halnya pilek pada orang dewasa, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk bayi Anda ketika ia mengalami pilek.

- Pastikan bayi Anda mendapatkan banyak istirahat dan cairan untuk menjaganya dari dehidrasi, ini sangat penting.

- Teruskan memberi ASI untuk bayi karena kandungan dalam ASI dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

- Jika bayi demam, Anda bisa memberinya asetaminofen atau jika usia bayi lebih dari enam bulan, Anda dapat memberikan ibuprofen, tapi jangan memberikannya kepada bayi Anda jika ia mengalami dehidrasi atau terus-menerus muntah.

- Jika bayi Anda batuk, jangan memberinya obat penekan batuk, kecuali itu diresepkan oleh dokter spesialis anak.

- Sinar matahari pagi baik untuk menghangatkan bayi Anda. Ajak bayi Anda berjemur di pagi hari.

- Jika hidung bayi tersumbat, Anda bisa mengeluarkan cairan hidung dengan penguapan atau menggunakan alat penyedot.

- Jika suhu tubuh bayi mencapai di atas 38°C, Anda bisa memberinya obat penurun panas.

Kapan Membawa Bayi Ke Dokter?

- Jika bayi berusia kurang dari tiga bulan dan menderita gejala pilek dan demam, Anda harus segera menghubungi dokter anak.

- Jika suhu tinggi bayi Anda tidak mereda setelah lima hari atau Anda merasa dia semakin parah, hubungi dokter Anda.

- Jika Anda mendapati bayi sering muntah, sulit menelan, sakit perut dan kepala, demam tidak turun setelah diberikan obat penurun panas, sering menarik telinga (kemungkinan ada infeksi telinga), batuk terus menerus, Anda harus segera menghubungi dokter.