Ini Dia Cara Menyusui Bayi Yang Baik dan benar

Menyusui menjadi saat paling indah dan berharga bagi Anda para ibu, terutama bagi ibu baru. Selain memberikan nutrisi terbaik bagi si bayi, menyusui membangun ikatan emosional antara ibu dan bayi. Dalam beberapa kasus, telah ditemukan bahwa bayi merasakan tekanan emosional jika mereka tidak mengalami kontak pribadi dan kedekatan dengan ibunya. Oleh karena itu, sangat penting bagi para ibu untuk menyusui bayinya.

Menyusui tidak hanya baik untuk bayi tapi untuk ibu juga. Rutin menyusui bayi dapat melindungi Anda terhadap kanker payudara, kanker ovarium dan lemah tulang.

Setiap bayi yang baru lahir perlu disusui minimal setiap 2 jam siang hari, setiap 3 jam di malam hari. Setiap 24 jam Anda menyusui bayi sekitar 8 sampai 12 kali. Bayi tidak boleh melampaui 3 jam tanpa disusui.

Setiap sesi menyusui harus berlangsung sekitar 10 sampai 15 menit per payudara atau sampai bayi kenyang. Anda harus mulai menyusui sedini mungkin setelah kelahiran anak Anda dan memberi bayi ASI eksklusif selama minimal 6 bulan. Anak-anak dapat terus menyusui sampai usia 2 tahun.

Untuk membantu Anda memulai benar, Anda perlu menyadari tentang beberapa prinsip dasar menyusui. Berikut ini adalah tips yang akan membantu Anda untuk menyusui dengan nyaman.

- Pertama-tama Anda perlu memastikan posisi yang nyaman. Anda dapat menempatkan bantal di pangkuan Anda untuk mengganjal bayi kecil Anda selama menyusui.

- Posisikan tubuh bayi Anda menghadap perut Anda sehingga bayi menyusui dalam posisi sempurna. Bagian bawah bayi harus disangga pada siku Anda. Sangga bahu, leher dan kepala bayi menggunakan tangan dan lengan bawah .

- Posisikan hidung bayi di depan puting Anda sehingga bayi bisa mulai menyusui. Geser kepala bayi dengan pelan dan lembut. Bayi biasanya tidak membuka mulut, karena itu Anda harus menggosok bibir bayi dengan puting Anda sehingga ia membuka mulutnya dengan benar.

- Posisi yang tidak tepat selama menyusui bisa menyebabkan bayi merasa kekurangan napas. Oleh karena itu, Anda harus mendorong dagu dan bibir bawah bayi ke arah payudara Anda. Biarkan dan rasakan mulut bayi Anda ketika menyentuh payudara Anda.

- Pegang payudara anda selama menyusui untuk membuat bayi Anda merasa nyaman. Jadi, pastikan bahwa Anda merasa santai dan nyaman. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat indah ketika mendengar suara isapan lembut bayi Anda.