Cara Merawat Bayi Prematur Di Rumah

Bayi dikatakan lahir secara prematur jika lahir kurang dari 37 minggu (normalnya 37 - 41 minggu), berat badan di bawah berat badan bayi normal, pada dasarnya kurang dari 1300 gram. Karena dilahirkan sebelum waktunya, organ-organ vital bayi biasanya belum berkembang secara sempurna. Kondisi ini menyebabkan berbagai masalah kesehatan, biasanya menyebabkan masalah pada pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Bayi prematur memerlukan perawatan medis tambahan di Neonatal Intensive Care Unit (NICU) segera setelah lahir. Sebagai orang tua dari bayi prematur, Anda harus menyadari bahwa anak juga akan membutuhkan perawatan tambahan untuk dua tahun pertama kehidupan mereka setelah pulang ke rumah.

Karena kondisi yang lemah dan tidak stabil, bayi prematur perlu perawatan khusus. Orang tua dengan bayi prematur harus tahu perawatan yang tepat untuk memberikan untuk memastikan bahwa bayi selalu dalam kondisi optimal. Jika Anda memiliki bayi yang prematur, berikut adalah beberapa tips tentang perawatan yang dapat Anda coba:

- Setelah meninggalkan rumah sakit, penting bagi Anda untuk tetap memeriksakan bayi Anda secara rutin. Dengan pemeriksaan rutin ini, dokter dapat memantau keadaan bayi terutama berat badan bayi. Dokter juga akan merekomendasikan program pemberian makanan khusus yang mungkin termasuk formula khusus yang dikombinasikan dengan sejumlah vitamin. Vitamin akan membantu untuk memastikan bahwa bayi Anda tetap sehat dan dapat terus tumbuh pada tingkat normal dalam beberapa bulan pertama.

- Kesehatan bayi prematur Anda sangat tergantung pada jumlah dan jenis makanan yang diberikan. Sebaiknya Anda menyusui bayi, setidaknya 8 sampai 10 kali sehari dengan interval sekitar empat jam, untuk menjaga agar si kecil tetap cerah, sehat dan mencegah dehidrasi.

- Sebisa mungkin, sebaiknya Anda menghabiskan banyak waktu dengan bayi Anda. Bayi Anda membutuhkan lebih banyak perhatian dan cinta dari orang tuanya. Biarkan bayi Anda mencium aroma, menyentuh wajah dan mendengar Anda.

- Kapan sebaiknya mulai memperkenalkan makanan padat kepada bayi? Disarankan agar Anda mulai memperkenalkan makanan padat ke bayi pada usia 6 bulan. Tidak seperti bayi yang lahir secara normal, dimana diet makanan padat bisa dimulai pada usia 4 bulan, bayi prematur membutuhkan lebih banyak waktu agar saluran pencernaannya berkembang dan bisa belajar menelan.

- SIDS (Sudden Infant Death Syndrome / Sindrom Kematian Bayi Mendadak) umum terjadi pada bayi prematur. Pastikan Anda memposisikan bayi terlentang saat tidur, jangan dalam posisi tengkurap. Tidur yang cukup sangat penting bagi bayi Anda untuk tumbuh sehat dan cepat. Bayi Anda harus tidur tidur siang minimal 3 sampai 4 kali sepanjang hari tapi dengan interval pendek.

- Bayi prematur memerlukan imunisasi untuk menjauhkan dari infeksi. Seorang bayi prematur lebih rentan terhadap penyakit dikenakan karena pertumbuhan fisik belum matang dan sistem kekebalan tubuh belum berkembang. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter anak mengenai jadwal vaksinasi khusus.

Prematur anak membutuhkan perawatan tambahan dan kesabaran. Perlu diingat, bahwa Anda perlu tidak terlalu khawatir ketika bayi Anda mungkin tidak tumbuh secepat bayi yang lahir normal. Berpikir positif akan membantu Anda menghadapi masalah dengan cara yang lebih mudah. Tunjukkan kasih sayang Anda untuk si bayi karena penting untuk perkembangannya.

Anda harus optimis bahwa si kecil akan tumbuh normal seperti bayi yang lahir normal. Bayi prematur akan mengejar ketinggalan dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Setelah usia 2 tahun, anak Anda tampak tidak berbeda dengan anak lainnya.