8 Tips Memilih Mainan Yang Tepat dan Aman Untuk Bayi

Mainan memiliki peran sangat penting dalam kehidupan seorang bayi. Selain mendapatkan hiburan, bayi juga belajar banyak saat bermain dengan mainannya. Mainan bayi bisa membuat bayi Anda tertawa dengan sukacita, menghentikan tangisan bayi, dapat membuat bayi sibuk untuk sementara, tanpa perhatian khusus dari Anda.

Namun, tidak mudah untuk memilih mainan yang tepat untuk bayi karena banyaknya pilihan di pasaran. Ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan ketika membeli mainan bayi. Penting bagi Bunda untuk melihat-lihat dari berbagai mainan di pasar sebelum memilih mainan bayi yang tepat.

Lalu, bagaimana cara memilih mainan yang paling cocok untuk bayi kesayangan Anda? Berikut ini adalah beberapa faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika membeli mainan bayi :

- Keamanan adalah faktor yang paling penting dalam memilih mainan bayi yang cocok. Ketika mendapat mainan, bayi selalu mencoba untuk memasukkannya ke dalam mulutnya, menggigit, melempar, menarik dan menendang mainan tersebut. Pastikan mainan bayi aman dari bahan-bahan beracun,karena bisa sangat berbahaya bagi anak.

- Pilih mainan yang tahan lama. Mainan bayi tidak boleh rapuh karena kalau mudah rusak akan ada bagian yang dapat melukai anak.

- Anda bisa memilih mainan dengan warna yang kontras / mencolok.

- Kebanyakan bayi selalu ingin memasukkan benda ke dalam mulut mereka yang bisa membuat mereka tersedak. Oleh karena itu, Anda tidak perlu membeli mainan yang memiliki bagian-bagian kecil yang terpisah, yang dapat dengan mudah kendur atau lepas.

- Hindari mainan bayi yang terbuat dari kaca karena jika bayi melempar atau membantingnya akan mudah pecah. Ini sangat berbahaya bagi si bayi.

- Pilih mainan bayi yang ringan karena bayi kadang melempar dan membuang mainan ke kaki atau wajahnya. Jika mainan bayi berat maka bisa menyakiti bayi Anda.

- Hindari mainan dengan tepi tajam.

- Mainan bayi harus mudah dicuci sehingga Anda dapat menjaga kebersihannya.