Perut Kembung Pada Bayi - Penyebab dan Cara Mengatasi

Perut kembung pada bayi terjadi karena gas yang ada di dalam sistem pencernaannya tidak dikeluarkan. Akibatnya, volume gas di dalam perut bayi menjadi berlebih. Perut kembung bisa menyebabkan bayi kesakitan dan menangis berkepanjangan.

Penyebab

- Sistem pencernaan bayi yang kurang matang menyebabkan mudah menghasilkan gas pada lambung atau usus sehingga menyebabkan kembung.

- Ketika menyusui bayi dengan posisi yang kurang tepat juga menyebabkan perut kembung pada bayi. Pada saat menyusu, bayi juga mengisap udara.

- Makanan yang dimakan oleh ibu menyusui juga dapat menjadi penyebab perut kembung pada bayi.

- Bayi dapat mengalami perut kembung pada masa peralihan dari susu ke makanan padat, karena sistem pencernaan bayi mencoba untuk mengatasi masuknya makanan baru dan berbeda.

Penanganan Kembung Pada Bayi

- Beri tepukan pada punggung bayi dengan lembut setelah makan selama 1-2 menit agar bayi bisa bersendawa.

- Pijatan ringan di perut bayi dengan minyak penghangat tubuh dapat membantu menangani perut kembung si kecil.

- Buatlah bayi bersendawa setelah menyusuinya.

- Mandikan bayi Anda dengan air hangat.

- Biarkan bayi aktif bergerak dan bermain agar membantu mengeluarkan gas dari perutnya.

Pencegahan

Membuat bayi sering bersendawa selama menyusui dapat membantu mengeluarkan gas sebelum mencapai usus. Sebaiknya, bayi bersendawa setiap tiga sampai lima menit ketika ia makan. Posisikan bayi tegak ketika menyusui, dan selama 15-20 menit setelah menyusui juga dapat membantu mengurangi gas yang menyebabkan perut kembung.

Kapan Pergi Ke Dokter?

Pada dasarnya, perut kembung pada bayi tidak menjadi masalah. Namun, ketika bayi menjadi tidak mampu buang gas atau memiliki masalah usus, ini dapat mengindikasikan penyakit atau gangguan pada saluran pencernaan dan harus dilaporkan kepada dokter.