Cara Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir

Tali pusat merupakan penghubung janin dan plasenta selama bayi masih dalam kandungan ibunya. Plasenta memiliki peran penting dalam menyediakan oksigen dan makanan untuk bayi yang belum lahir. Namun, ketika si kecil lahir tali pusat tidak lagi diperlukan.

Ketika bayi lahir, dokter memotong tali pusar mereka. Pemotongan tali pusat bayi menyisakan tunggul sekira 1 inchi, yang secara alami akan lepas dalam jangka waktu normal 7-10 hari. Namun, ada beberapa kasus tunggul tali pusat lepas dalam dua minggu.

Perlakuan yang buruk pada sisa tali pusat bayi dapat menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui perawatan tali pusat yang benar. 

Berikut adalah beberapa tips tentang cara perawatan tali pusat bayi yang baru lahir:

- Jaga tunggul tali pusat agar tetap kering. Tali pusat basah menjadi tempat berkembang biak yang ideal untuk mikroba. Bayi baru lahir tidak memiliki kekebalan untuk melawan mikroba. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga tunggul tali pusat pada bayi yang baru lahir tetap kering sampai tunggul jatuh / lepas.

- Tali pusat harus dibersihkan secara teratur. Anda bisa membersihkan tunggul tali pusat dengan air matang dan kapas. Hindari membersihkan tali pusat bayi dengan betadine atau salep karena kulit bayi masih sensitif.

- Untuk mempercepat proses penyembuhan, bayi harus memakai popok dan baju longgar agar sirkulasi udara baik. Hindari memakaikan bayi dengan bodysuit jika tunggul tali pusatnya belum lepas.

- Bila tunggul tali pusat belum jatuh atau lepas, sebaiknya Anda memandikan bayi dengan diusap atau dilap saja supaya tali pusat tidak basah.

- Hindari gesekan antara tali pusat dengan popok bayi dengan melipat bagian atas popok.

Kapan Pergi Ke Dokter?

Sebaiknya Anda membawa bayi ke dokter jika menemukan tanda-tanda infeksi tunggul tali pusat sebagai berikut :

1) Tunggul tali pusat berwarna kemerahan dan muncul bengkak.

2) Tunggul terus berdarah.

3) Muncul nanah kekuningan.

4) Tunggul mengeluarkan bau busuk.