Waspadai SIDS Pada Bayi

SIDS, singkatan dari Sudden Infant Death Syndrome atau Sindrom Kematian Bayi Mendadak, didefinisikan sebagai kematian mendadak dan tidak terduga pada bayi. Sampai hari ini, belum diketahui apa penyebabnya. Sindrom ini menjadi penyebab kematian bayi berusia kurang dari satu tahun. Akan tetapi, sebagian besar kasus SIDS terjadi pada bayi di bawah usia enam bulan.

Bayi menghabiskan sebagian besar waktunya dengan tidur. Oleh karena itu, Anda perlu mewaspadai pola tidur yang tidak aman yang dapat meningkatkan resiko terkena sindrom kematian bayi mendadak.

Pola Tidur Yang Aman Bagi Bayi

Posisi tidur bayi terlentang bisa mengurangi resiko serangan SIDS. Kemungkinan besar, bayi terkena sindrom kematian mendadak karena posisi tidur yang tengkurap atau miring. Anda Pastikan tidak menutupi kepala bayi saat ia tidur. Sebaiknya, ketika bayi Anda tidur tidak menggunakan bantal.

Jika Anda memiliki babysitter atau pengasuh anak, sebaiknya Anda menjelaskan hal ini kepada mereka, sebelum menyerahkan bayi Anda untuk mereka rawat.

Jauhkan Bayi Dari Asap Rokok

Asap rokok berefek merugikan dan membahayakan bagi bayi, baik ketika masih dalam kandungan ataupun setelah ia lahir. Orang tua yang perokok selama masa kehamilan dan setelah melahirkan, dapat meningkatkan resiko serangan SIDS pada bayi. Apalagi, jika kedua orangtua perokok, maka resikonya bisa berlipat ganda.

Bebaskan bayi Anda dari asap rokok, baik itu di rumah, di luar rumah ataupun di mana saja ketika Anda membawa bayi Anda. Jika Ayah atau Bunda perokok, sebaiknya menghentikan kebiasaan tersebut demi keselamatan dan kesehatan si kecil.

Sirkulasi Udara dan Suhu Udara Ruangan Bayi

Pastikan ventilasi udara ruangan bayi dalam kondisi baik, sehingga bayi bisa bernafas dengan baik. Anda mungkin ingin menjaga suhu tubuh si kecil tetap hangat dengan menyelimutinya. Pastikan suhu udara kamar bayi antara 16 - 21 derajat Celcius. Suhu udara yang terlalu panas bisa meningkatkan resiko serangan SIDS.

Konsultasi Ke Dokter Anak

Cara ini efektif untuk melindungi bayi Anda dari SIDS. Kunjungan rutin ke dokter selama bulan-bulan awal kelahiran dapat membantu menjaga bayi agar tetap aman dan sehat.