Perkembangan Bayi 2 Bulan

Duh, bahagianya ya Bunda. Si kecil sudah berumur dua bulan sekarang. Pada umur dua bulan ini, bayi Anda senang dengan suara mereka sendiri dan mulai mengembangkan kemampuan vokalnya.

Bayi berumur dua bulan sudah bisa tersenyum untuk memperlihatkan bahwa dia sedang senang dan bahagia. Ia sudah mulai belajar mengembangkan indera pengelihatan, pendengaran, rasa, bau dan sentuhan. Bayi Anda mulai belajar memperhatikan Anda, orang-orang di sekitarnya dan bagaimana cara saling berinteraksi satu sama lain.

Jika bayi Anda lahir prematur, perlu diingat bahwa bayi yang lahir lebih awal biasanya memerlukan sedikit lebih banyak waktu untuk perkembangan mereka.

Kemampuan Motorik Bayi

Bayi sudah bisa mengangkat kepalanya lebih kuat saat tengkurap atau ketika badannya ditegakkan. Gerakan mudah menjadi lebih terkoordinasi. Si kecil sudah bisa mengisap jari atau kepalan tangan sebagai cara untuk menenangkan dirinya sendiri.

Ketika bayi di usia 2 bulan, ia mungkin melacak obyek berwarna-warni tergantung di depannya. Bayi Anda mungkin memegang mainan yang Anda letakkan di salah satu tangannya.

Pola Tidur Bayi Dua Bulan

Bayi berumur dua bulan, biasanya tidur selama 15-16 jam sehari. Jika bayi diberikan ASI, ia akan bangun setiap tiga jam atau lebih. Pada umumnya, bayi usia dua bulan periode tidurnya lebih pendek pada siang hari dan lebih panjang di malam hari.

Posisi tidur bayi sebaiknya terlentang untuk mengurangi resiko serangan SIDS atau sindrom kematian bayi mendadak. Jangan meletakkan benda-benda seperti bantal, selimut, boneka binatang dan bumper lembut di boks bayi. Jangan biarkan suhu kamar bayi terlalu panas ( overheat ).

Indera Bayi Dua Bulan

Ketika berusia dua bulan, bayi dapat memperhatikan dengan baik objek yang mengelilinginya pada jarak hingga 18 inchi. Bayi bisa melihat wajah Anda dengan baik dan jelas ketika Anda sedang menyusuinya. Ia sudah bisa mengikuti gerakan tertentu. Si kecil akan senang ketika melihat wajah orang-orang di sekitarnya terutama ibu yang menyusuinya.

Indera pendengaran bayi usia dua bulan juga meningkat. Pada usia ini, bayi Anda sudah mendengarkan suara di sekelilingnya secara aktif. Ia akan mendengar suara Anda dengan penuh perhatian. Si kecil akan memperhatikan gerakan mulut Anda dan bagaimana cara Anda berbicara.

Pada akhir bulan kedua usianya, bayi biasanya sudah bisa mengucapkan suara yang berbeda dimulai dengan vokal "A" atau "O".

Komunikasi

Cara komunikasi bayi umur dua bulan biasanya dengan menangis. Ia menunjukkan minat dalam ekspresi wajah. Si kecil sudah bisa tersenyum. Dia mulai mengoceh dan meniru beberapa suara.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang perkembangan bayi Anda, sebaiknya konsultasi ke dokter anak agar mendapatkan informasi yang lebih baik.