Cara Membersihkan Bagian-Bagian Sensitif Pada Bayi

Bayi Anda memiliki beberapa daerah sensitif yang perlu ditangani dengan sedikit lebih hati-hati, termasuk telinga, mata, hidung, tali pusat dan alat kelamin.

Membersihkan Telinga Bayi

Kotoran telinga terbentuk di luar saluran telinga bayi. Fungsi dari kotoran telinga sendiri adalah untuk membantu dalam membersihkan telinga secara alami, pelumasan alami dan melindungi telinga bagian dalam dari bakteri, jamur, air dan serangga.

Masalah infeksi telinga dan gendang telinga timbul jika kotoran telinga menumpuk di saluran telinga bagian dalam.

Bersihkan telinga menggunakan kapas basah, Anda menyekanya dengan lembut hanya di sekitar lipatan luar telinga dan di belakang telinga. Jangan menggunakan cotton bud atau alat lainnya di dalam saluran telinga, yang dapat melubangi gendang telinga dan mendorong kotoran masuk ke dalam.

Membersihkan Mata Bayi

Bersihkan mata bayi Anda menggunakan kapas atau tisu lembut yang dibasahi dengan air hangat. Lap daerah mata dari tepi hidung ke luar - menggunakan menggunakan kapas basah yang bersih untuk setiap mata. Gunakan kapas yang baru untuk setiap kali lap.

Membersihkan Hidung Bayi

Hidung sangat penting dalam pernapasan, termasuk pada bayi. Oleh karena itu, sangat penting menjaga kebersihan hidung bayi. Teteskan 1-2 tetes cairan garam faali atau NaCl 0,9% ke dalam tiap lubang hidung bayi, tunggu beberapa saat maka sumbatan akan melonggar.

Catatan: Anda hanya bisa mendapatkan cairan garam faali dari dokter, biasanya sekalian dengan spuit kecil, yang berfungsi untuk mengambil cairan dari botol dan meneteskan ke hidung bayi. Anda bisa menggunakan cotton bud kecil jika memerlukannya.

Video Cara Membersihkan Mata, Telinga dan Hidung Bayi