Perkembangan Bayi 5 Bulan

Bayi Anda sudah berusia lima bulan, hampir setengah dari perjalanan menuju usia satu tahun. Pada usia ini, bayi Anda telah mampu membedakan orang-orang yang dikenalnya dengan orang asing. Pertumbuhan fisik berjalan dengan cepat dan bayi Anda mempelajari kemampuan yang lebih banyak lagi. Lima bulan adalah waktu di mana Anda dapat terus menikmati masa tumbuh kembang bayi.

Ketika usia bayi menginjak lima bulan, kemampuan motoriknya semakin meningkat. Bayi Anda sudah bisa duduk dalam waktu yang lebih lama walaupun masih harus diberi sandaran seperti bantal. Namun, bayi Anda bisa duduk tanpa bantuan selama beberapa detik.

Bayi Anda sudah mulai bisa menggulingkan badannya dan menggerakkan serta menggoyangkan kakinya. Tinggal menunggu saatnya bayi Anda untuk bisa merangkak. Perlu Anda perhatikan bahwa Anda harus tetap mengawasi si bayi ketika berada di tempat tidur atau tempat yang tinggi untuk menghindari bahaya bayi jatuh saat ia menggulingkan tubuhnya.

Bayi berusia lima bulan sudah bisa tidur semalaman walaupun tidak semuanya. Ajaklah bayi Anda untuk tidur secara rutin. Kebiasaan tersebut membantu bayi Anda untuk dapat tidur malam dengan teratur. Anda bisa mulai dengan memandikan si kecil dengan air hangat, menggendongnya sambil menyanyikan lagu sampai bayi Anda tertidur.

Sebaiknya Anda mulai membiasakan bayi Anda untuk dapat tidur di ranjangnya. Pada siang hari, bayi Anda butuh tidur dua kali yaitu pagi hari dan siang hari. Jangan menunda sampai bayi rewel. Jika ia sudah mulai mengantuk segera bawa ke ranjangnya.

Penglihatan pada bayi lima bulan terus meningkat walaupun belum sempurna betul. Ia sudah mampu fokus dan melihat pada jarak yang berbeda. Si kecil sudah mampu membedakan dua nuansa dari warna yang sama. Bayi berusia lima bulan masih menyukai warna-warna primer seperti merah, kuning, dan biru.

Si kecil sudah bisa bermain gelembung dengan mulutnya. Anda tidak perlu khawatr dengan kebiasaan ini. Pada usia lima bulan, bayi sudah mulai bisa mengucapkan "ba ba ba", "ma ma" atau "pa pa". Bayi Anda sudah bisa mengekspresikan emosinya seperti tertawa melihat wajah yang lucu atau menangis saat Anda meninggalkannya.

Anda sudah mencapai lima bulan dalam mengikuti perkembangan si bayi. Ini adalah saat-saat yang menyenangkan dalam  mengasuh bayi Anda hingga ia besar dan sehat .