Tips Cara Merawat Rambut Bayi Anda

Ketika lahir, bayi memiliki rambut yang sedikit dan jarang, bahkan tidak memiliki rambut sama sekali. Semakin dia besar, rambut pun mulai tumbuh. Rambut bayi lebih lembut dan sensitif daripada rambut orang dewasa. Oleh karena itu, diperlukan perawatan rambut bayi yang benar.

Mencuci Rambut Bayi

Ketika baru lahir, Bunda tidak perlu mencuci rambut bayi setiap hari, dua kali seminggu sudah cukup. Seiring dengan pertumbuhan bayi yang semakin besar, rambutnya pun mulai tumbuh banyak. Anda bisa mencuci rambut si bayi tiga kali seminggu.

Mungkin Bunda memandikan bayi di bak, sebaiknya mencuci rambut menjelang selesai mandi. Shampoo yang digunakan pada awal mandi, busanya masuk ke dalam air, sehingga bisa membuat kulit bayi yang sensitif terkena iritasi.

Gunakan shampoo khusus bayi. Jangan menggunakan shampoo orang dewasa yang mengandung deterjen dan bahan kimia, yang membuat kulit kepala bayi kering. Pastikan agar shampoo tidak mengenai atau masuk ke mata bayi.

Menyisir Rambut Bayi

Setelah mencuci rambut, saatnya menyisir. Menyisir rambut dapat membantu menghilangkan polutan, membantu meluruskan dan merapikan rambut.

Sisir rambut bayi Anda, dengan sikat dengan bulu lembut atau sisir bergigi jarang / lebar, yang tidak akan membuat kusut dan menarik rambut bayi Anda.

Sisir rambut bayi Anda dengan lembut dan perlahan-lahan. Jangan terlalu keras agar tidak merusak rambut bayi.

Memotong Rambut Bayi

Potong rambut bayi, ketika sudah berumur satu tahun. Gunting rambut bisa menjadi pengalaman menakutkan bagi si bayi. Gunakan gunting yang aman, tanpa ujung runcing untuk mencegah terjadinya cedera. Jika Anda takut untuk memotong rambut bayi Anda, Anda dapat mencari bantuan dari profesional seperti penata rambut atau salon.

Kapan waktu memotong rambut yang tepat? Sebaiknya, buatlah jadwal potong rambut bagi si bayi. Jika rambut sudah mengganggu mata si kecil, Anda tidak punya pilihan selain memotongnya. Anda hanya perlu berhati-hati dalam memotong rambutnya.

Hindari memotong rambut bayi ketika dia masih tidur atau mengantuk, karena akan membuatnya rewel dan takut. Jadwalkan memotong rambut ketika si bayi terjaga atau santai.

Merawat rambut bayi sangatlah sederhana, jika Bunda mengetahui tips dan cara yang tepat. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memberikan bayi Anda rambut yang halus dan indah.