Cara Memandikan Bayi Yang Benar Agar Tetap Bersih

Memiliki seorang bayi menjadi pengalaman paling indah bagi orang tua. Akan tetapi, karena kondisi kesehatan dan kulit yang sensitif, maka perlu mempertimbangkan cara mengurusnya. Memandikan bayi yang baru lahir adalah salah satunya.

Sebagai seorang ibu, memandikan bayi bukan hanya sekedar menjaga kebersihannya, tapi lebih dari itu. Memandikan bayi bisa menjadi cara yang indah untuk memperkuat ikatan batin seorang ibu dan bayi. Pada tulisan ini, Anda akan mengetahui cara memandikan bayi yang benar.

Seperti yang Anda ketahui, mandi merupakan cara untuk tetap menjaga bayi Anda tetap bersih. Ada banyak pertimbangan yang harus selalu digunakan agar dapat memandikan bayi dengan benar.

Pada minggu pertama atau selanjutnya, Anda memandikan bayi Anda dari kepala sampai kaki dengan air hangat , spons atau kain flanel basah dan kapas yang dibasahi. 

Sebelum mulai, Siapkan popok dan pakaian yang bersih. Pastikan suhu ruangan hangat. Isi mangkok atau bak dengan air hangat kuku. Cara mengetahui apakah air tersebut suam-suam kuku yaitu, periksa suhu dengan mencelupkan siku ke dalam air . Ini adalah cara yang dapat diandalkan untuk menguji suhu karena siku Anda sangat sensitif.

Hindari penggunaan air dingin, karena tidak baik untuk kesehatan bayi. Selain itu, air dingin dapat membuat kulit si bayi kering. Hindari juga penggunaan sabun.

Lepaskan pakaian si bayi. Kemudian, letakkan bayi Anda di atas handuk yang bersih. Mulailah mengusap bagian sekitar mata bayi. Celupkan sepotong kapas bersih ke dalam air hangat kemudian peras. Usapkan dengan lembut pada bagian sekitar mata si bayi, mulai dari sudut hidung. Gantilah kapas untuk setiap usapan.

Langkah berikutnya, gunakan kapas baru, bersihkan telinga bayi Anda tanpa membersihkan di dalamnya. Bersihkan bagian belakang telinga dengan kapas baru lagi.

Selanjutnya, gunakan kapas yang baru, untuk menyeka wajah, leher lipatan dan tangan bayi Anda. Bersihkan bagian bawah dan kelamin bayi Anda, setiap mengganti popok.

Jika sudah selesai memandikan bayi, keringkan dengan lembut, berikan perhatian khusus pada lipatan tubuhnya. Anda mungkin ingin melembutkan kulit bayi dengan lotion pelembab ringan, minyak atau emollient jika kulitnya kering. Selimuti bayi Anda dengan handuk, kemudian berikan pelukan agar tetap hangat dan cepat diberikan pakaian.

Dengan cara memandikan bayi di atas, semoga membuat hari-hari Anda sebagai orang tua menjadi benar-benar  menyenangkan. Selamat menikmati kebersamaan Anda sebagai ibu dan bayi.

Video Cara Memandikan Bayi