4 Cara Sederhana Menangani Batuk Pada Bayi

Batuk bisa sangat menganggu bayi Anda. Namun Anda jangan khawatir karena biasanya batuk pada bayi sembuh dalam dua minggu. Tentu saja, menangani batuk si kecil sungguh melelahkan. Anda mungkin saja akan kurang tidur selama beberapa hari hingga bayi Anda bisa tidur lelap.

Batuk terbagi menjadi dua macam yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering biasanya merupakan salah satu tanda bahwa bayi Anda terkena flu atau demam. Pembengkakan pada tenggorokan dan saluran pernapasan bagian atas bayi menjadi penyebab batuk kering. Sensasi yang timbul akibat pembengkakan tersebut yaitu rasa gatal sehingga membuat bayi Anda batuk untuk menghilangkan iritasi.

Sedangkan batuk berdahak biasanya menghasilkan dahak atau lendir. Ketika bayi Anda mengalami batuk berdahak, itu adalah mekanisme tubuh untuk membersihkan dahak dari paru-parunya. Beberapa penyakit yang disertai batuk antara lain sakit tenggorokan, demam, dan hidung meler atau tersumbat.

Penanganan

Obat batuk dan flu sangat tidak dianjurkan anak-anak berusia di bawah enam tahun. Oleh karena itu, jauhi obat tersebut dalam penanganan batuk pada bayi Anda. Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk menangani batuk si kecil.

  • Pastikan bayi Anda banyak istirahat.
  • Berikan ASI ekstra karena bayi Anda membutuhkan banyak cairan untuk melawan infeksi.
  • Berikan obat parasetamol khusus bayi untuk meredakan demamnya.
  • Uap panas dalam ruangan baik untuk membantu melegakan saluran udara bayi Anda. Tetap jaga bayi Anda dari air panas supaya ia tidak terluka.

Sebaiknya periksakan bayi Anda ke dokter anak apabila batuk si kecil tidak sembuh selama lima hari dan semakin memburuk, suhu tubuhnya di atas 38 derajat Celsius, serta punya masalah pernapasan.