Perkembangan Bayi 3 Bulan

Bayi Anda sudah berusia tiga bulan sekarang, banyak perubahan dalam perkembangannya. Sebuah perkembangan dramatis, buah hati Anda menjadi bayi yang aktif dan responsif.

Berikut ini adalah perkembangan bayi usia 3 bulan.

Kemampuan Motorik

- Bayi sudah bisa mengangkat kepala dan dada saat tengkurap.

- Bayi mampu menopang bagian atas tubuh dengan lengannya seperti "push up".

- Pada usia tiga bulan, kaki bayi bisa sudah menendang, mengangkat lengannya ke atas dan ke bawah.

- Bayi bisa menggenggam dan menggoyangkan mainan tangan.


Pola Tidur Bayi 3 Bulan

Bayi berumur tiga bulan biasanya tidur selama sekitar 15 jam per hari. Pada siang hari, bayi membutuhkan waktu sekitar dua atau tiga kali tidur siang. Dua per tiga dari waktu tidur bayi biasanya terjadi pada malam hari. Namun, semua bayi berbeda-beda. Jadi, jangan putus asa jika bayi Anda masih hanya tidur dalam waktu pendek.

Pada usia ini, penting untuk untuk memperkenalkan siang dan malam pada bayi agar tidak mengembangkan kebiasaan tidur negatif.

Kemampuan Indera Tubuh Bayi

Si kecil sudah bisa melihat wajah dengan seksama, mengikuti objek yang bergerak, mengenali benda-benda dan orang di kejauhan. Ketika bayi mendengar suara Anda, ia tersenyum. Bayi pun mulai mengoceh, sudah mulai bisa menirukan suara-suara dan menggerakkan kepalanya ke arah sumber suara.

Bayi pada usia tiga bulan, biasanya senang bermain. Ketika berhenti bermain ia mungkin akan menangis. Wajah dan tubuhnya menjadi semakin komunikatif dan ekspresif. Satu lagi yang bisa membuat Bunda gembira bahwa si kecil sudah menirukan beberapa gerakan dan ekspresi wajah.

Kapan Pergi Ke Dokter?

Pada dasarnya normal jika perkembangan bayi berbeda-beda, ada yang lebih cepat dan ada tertinggal dari yang lain. Setiap bayi itu unik dan naluri Anda juga sama pentingnya. Sebaiknya berkonsultasi ke dokter jika Anda khawatir dengan perkembangan si kecil saat berusia 3 bulan atau menemukan tanda-tanda sebagai berikut :

- Kontrol kepala tidak mengalami perkembangan.

- Tidak ada upaya untuk mengangkat kepala ketika bayi tengkurap.

- Kurangnya respon terhadap suara atau isyarat visual, seperti suara keras atau lampu terang.

- Ketidakmampuan untuk fokus pada mata pengasuh.

- Berat badan bayi kurang.