Cara Merawat Gigi Susu Pada Bayi

Gigi susu penting peranannya membantu anak Anda untuk belajar mengunyah dan berbicara dengan baik. Fungsi paling penting dari gigi susu adalah menjaga kualitas ruang gigi di gusi anak Anda untuk gigi permanen yang akan tumbuh.

Idealnya, Anda harus mulai membersihkan mulut bayi Anda sejak lahir, menggunakan sepotong kain kasa lembab atau kain lembut basah untuk menyeka residu susu dari gusi dan gigi. Kebiasaan membersihkan mulut yang dimulai sejak gigi bayi belum tumbuh, dapat membuatnya lebih kecil kemungkinannya untuk menolak ketika giginya disikat.

Setelah gigi susu pada bayi mulai muncul, penting untuk membersihkannya dengan hati-hati setidaknya dua kali sehari. Bakteri yang hidup secara alami di mulut bayi Anda mengubah gula (termasuk gula alami) dari makanan menjadi asam. Asam ini kemudian dapat menyerang enamel gigi bayi Anda.

Fungsi Penting Gigi Susu Pada Bayi

- Gigi susu bayi sangat penting dalam menyediakan ruang sampai gigi permanen mulai tumbuh. Jika gigi susu bayi hilang bisa mempengaruhi pertumbuhan gigi permanen, dan berpotensi menyebabkan masalah ortodontik di kemudian hari.

- Bayi membutuhkan gigi susu untuk belajar berbicara dengan jelas dan benar.

- Gigi susu pada bayi berfungsi untuk menggigit dan mengunyah.

- Hilangnya gigi susu bayi yang berlebihan dapat mempengaruhi kepercayaan diri anak pada masa pra sekolah.

Merawat Gigi Susu Bayi

- Ketika gigi susu pertama kali tumbuh, gunakan cotton bud, kain atau kain kasa yang dibasahi dengan air matang, untuk menyeka dan membersihkan gigi.

- Pada bayi berumur 18 bulan sampai sekitar 2 tahun, Anda dapat menggunakan sikat gigi anak dan mulai membersihkan giginya setidaknya sekali sehari. Awalnya, tidak perlu menggunakan pasta gigi berfluoride. Jika Anda memutuskan memakai pasta gigi berfluoride pilih yang mengandung fluoride 500 ppm fluoride.

- Gunakan sikat gigi gagang lebar dengan bulu sikat yang lembut dan rata.

- Ketika anak Anda mulai tumbuh besar, Anda bisa mengajarkan anak Anda untuk menyikat gigi setidaknya sekali sehari. Anda bisa membantu mengajarkan anak Anda menyikat giginya, dengan membimbing tangannya, atau dengan memberikan contoh secara langsung.

Setelah anak Anda bisa menyikat gigi sendiri, Anda dapat menyerahkan tanggung jawab kepada anak Anda untuk terus menyikat gigi, namun Anda mungkin masih perlu mengawasi anak Anda, untuk memastikan mereka melakukannya dengan benar.

Merawat gigi susu pada bayi tidaklah sulit. Hanya, tantangan terletak pada proses mengajar anak Anda dan membantu dia untuk melakukan kebiasaan sehat seumur hidup. Mengajarkan anak Anda untuk merawat giginya, juga bisa menciptakan kebiasaan kebersihan mulut dan gigi yang sehat di masa depan.